Kamis, 24 Februari 2011

Mutiara Kata (14)

391.(Pouw Kioe An)
Penghidupan adalah guru yang banyak diam, akan tetapi manusialah yang terlalu banyak bicara.

392. (Pouw Kioe An)
Dengan rendah hati, orang dapat bersabar dan kesabaran itulah yang menentukan.


393. (Pouw Kioe An)
Ada tiga unsur yang maha penting yang harus diperhatikan  untuk menghindari penyakit, yaitu : hawa nafsu , kebencian atau dendam, dan kecemasan.

394. (Plautus)
Dalam segala hal, jalan tengahlah yang terbaik. Segala apa yang berlebih-lebihan menimbulkan kesukaran-kesukaran.

395. (Plato)
Kesalahan terbesar  para dokter ialah bahwa mereka mengobati jasmani tanpa berusaha mengobati rohaninya, padahal rohani dan jasmani pada hakekatnya satu dan tak dapat diperlakukan  secara terpisah.

396. (Henry Ford)
Berpikir adalah  pekerjaan yang paling berat dari antara segala macam pekerjaan. Itulah sebabnya sedikit sekali orang yang senang melakukannya.

397. (Ralph Bunche)
Tak ada masalah di kalangan umat manusia yang tidak dapat dipecahkan.

398. (J.D dela Mettrie)
Otak kita pun memiliki otot-otot dalam  melakukan pekerjaan berpikir,tak bedanya dengan kaki kita yang punya otot-otot membantu kita dapat berjalan. Bila otot-otot itu tidak sering dilatih dan digunakan, maka otot-otot itu akan merosot kemampuannya.

399. (Gilbert)
Ada dua hal yang menjadi alasan mengapa kita harus mencoba melakukan sesuatu. Memperoleh hasil dan untuk memperoleh uang.

400. (Benyamin Franklin)
Jika Anda ingin mengetahui harga uang, cobalah meminjamnya barang sedikit dari orang lain.

401. (Jean Paget)
Tujuan dasar dari pendidikan ialah mencetak manusia yang mampu menciptakan sesuatu yang baru.Bukanlah sekedar mengajar kemampuan untuk mengulangi apa yang dilakukan orang dari generasi sebelumnya. Tujuannya adalah mencetak orang yang kreatif,memiliki daya penemuan, dan selalu ingin mencari tahu segala sesuatu yang  berguna.

402. (Profesor Van Horne)
Kalau seseorag  tidak membaca buku, bagaimana ia bisa membuka otaknya dari suasana terkucil? Bacalah apa saja untuk tujuan pendidikan maupun hiburan. Membaca itu sekurang-kurangnya bisa merangsaang daya khayal kita.

403. (Anonim)
Kebiasaan yang baik merupakan otot-otot bagi jiwa kita. Semakin banyak kita mempergunakannya, semakin kuat pribadi kita jadinya.

404. (John Wesley)
Bebuatlah yang baik dalam  batas-batas kemampuannmu, dengan cara yang terbuka bagimu, di segala tempat yang ada dalam pengetahuanmu, dalam setiap waktu yang tersedia bagimu, kepada semua orang yang ada dalam jangkauanmu, sepanjang masa hidupmu.

405. (Mencius)
Tak ada kegirangan yang lebih besar daripada kegirangan yang disebabkan oleh kesadaran akan kejujuran, sebagai hasil dari pemawasan diri sendiri.

406. (O.S. Marden)
Mata yang terbuka lebar akan menemukan kesempatan di mana-mana.

407. (Maxwell)
Apabila seorang gadis tidak suka lagi berkata-kata dan pandangan matanya telah menjadi sayu, itulah tandanya bahwa ia sedang bercakap-cakap dengan hatinya sendiri.

408. (Ministry)
Nilai manusia,bukan bagaimana ia mati, melainkan  bagaimana ia hidup; bukan apa yang ia peroleh ,melainkan apa yang dia berikan ; bukan apa pagkatnya, melainkan apa yang telah diperbuatnya dengan  tugas yang diberikan Allah kepadanya.

409. (Nabi Muhammad SAW)
Agama itu akal, dan tidak ada agama bagi siapa yang tidak berakal.

410. (Plato)
Keadilan, kebenaran, kebebasan, itulah pangkal dari kebahagiaan.

411. (Seneca)
Hidup saja tidak mengandung kebesaran sedikit pun ; binatang pun hidup juga. Tetapi mati secara terhormat, berbudi dan berani, itulah suatu hal yag sungguh-sungguh besar. Meninggalkan dunia  fana ini dengan penuh ketenangan jiwa dan hati nurani yang suci murni bila saaatnya telah tiba, di sanalah kita dapatkan suatu yang sungguh-sungguh luhur.

412. (Gothe)
Raja ataupun petani, ia akan merasa amat bahagia bila mendapat kedamaian dalam rumah tangganya.

413. (Khalil Gibran)
Cinta tak memberikan apa-apa selain jiwanya  utuh penuh.

414. (Khalil  Gibran)
Nilai seorang manusia ditetapkan dari keberaniannya memikul tangung jawab, mencintai hidup dengan kerja, membawanya kepada kegairahan hidup yang paling tersembunyi.

415. (Hamka)
Tiada satupun di dunia ini yang dapat mengangkat derajat wanita, selain daripada kesuciannya.

416. (Hare)
Kesucian adalah mustika kaum wanita ; kesetiaan adalah hiasan kaum pria.

417. (Hazklitt)
Kemakmuran adalah guru yang besar ; nasib malang adalah guru yang lebih  besar lagi. Kekayaan memanjakan jiwa ; kekuragan melatih dan memperkuatnya.

418. (Pythagoras)
Tahanlah menderita kemalangan ;kemalanganlah yang mematangkan manusia.

419. (Princess Karaja)
Cara yang terbaik untuk melumpuhkan orang yang sedang marah ialah berbuat sesuatu yang menyebabkan ia ketawa.

420. (Kong Fu Tse)
Orang yang berbudi tinggi mengharapkan segala sesuatu dari jerih payah sendiri , tetapi  orang yang rendah budinya mengharapkan segala sesuatu dari orang lain. []